Rakor PHBI Bahas Pelaksanaan Salat Idul Adha

TIMIKA (7/7). Ketua Bagian Pendidikan Keagamaan dan Dakwah (PKD) DPD LDII Kabupaten Mimika yang juga Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ainil Yaqin Ust.Ahmadun menghadiri undangan Panitia Hari Besar Islam (PHBI), 2/7. Rapat kordinasi pelaksanaan salat Idul Adha 1443 H itu bertempat di Aula Serbaguna Masjid Jami Baiturahman SP2, Timika.

Dalam rapat koordinasi, diputuskan pelaksanaan salat Idul Adha dipusatkan di halaman Gedung Eme Neme pada Minggu (10/7/2022).  “Selain di Gedung Eme Neme, pelaksanaan salat Idul Adha 1443 H di Mimika tahun ini juga akan diselenggarakan di 70 titik masjid,” ujar Sekretaris PHBI Mimika Roni Irnawan.

Roni menjelaskan, selain menentukan titik pelaksanaan salat Idul Adha, pada rapat tersebut sekaligus menentukan imam dan khatib di masing-masing titik. Rapat dipimpin Ketua PHBI Mimika, La Itam Gredengggo dan dihadiri ormas-ormas Islam, pengurus-pengurus masjid dan mubaligh di Mimika. “Sesuai hasil rapat, tahun ini tidak ada takbir keliling. Untuk khatib di pusat salat Idul Adha, PHBI mendatangkan ustaz tamu Ketua Dai Muda Indonesia, Ust.Muhammad Erfin Beddu dan imam adalah Ust.Nur Alam,” jelasnya.

Roni menambahkan, meskipun PHBI melaksanakan salat Idul Adha pada 10 Juli 2022, namun untuk Ormas Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha pada 9 Juli 2022 yang dipusatkan di Masjid An Nur Kebun Sirih. Hal itu karena ada perbedaan cara perhitungan bulan. “Karena Muhammadiyah menggunakan metode rukyatul hisab, sedangkan PHBI mengikuti pemerintah yang menggunakan metode melihat rukyatul hilal. Perbedaan itu hal biasa, karena kedua-keduanya diajarkan Rasulullah untuk menetukan awal bulan,” jelasnya.

Ust.Ahmadun mengatakan bahwa warga LDII di Timika selain mempersiapkan pelaksanaan sholat Idul Adha, juga sejak jauh-jauh hari mempersiapkan kurban. “Dari pantauan sementara, akan dilakukan penyembelihan hewan kurban di beberapa titik dengan melibatkan generasi muda dan warga masyarakat. Pelaksanaan sholat dan penyembelihan di Masjid Ainil Yakqin, Mimika Baru,” ujar Ahmadun.

 

Oleh: S29Mus_SULSEL9.1A_MUSLIMIN_081343923860 (contributor) / rully kuswahyudi (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *