LDII Jakarta Utara Dukung Pemberdayaan Perempuan melalui UMKM

 

Jakarta Utara (2/10). Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga DPD LDII Jakarta Utara menghelat sarasehan bertema “Bersatu untuk Berdaya”, di kantor DPD LDII Jakarta Utara. Acara tersebut dihadiri ratusan warga LDII pelaku UMKM di wilayah Jakarta Utara.

Acara ini merupakan komitmen DPD LDII Jakarta Utara mendukung penguatan ekonomi keluarga melalui sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Acara tersebut mengundang berbagai pelaku UMKM lokal untuk berbagi pengalaman dan memperluas wawasan tentang pengelolaan usaha yang berkelanjutan.

“Perempuan bukan hanya ibu rumah tangga, tetapi juga bisa menjadi penggerak ekonomi yang tangguh melalui usaha yang dimiliki,” ujar Ketua Bagian PPKK DPD LDII Jakarta Utara, Nurul Wijayanti. Ia menekankan pentingnya peran perempuan dalam mendukung perekonomian keluarga.

Ia berharap produk lokal tidak hanya bertahan, tetapi mampu berkembang dan bersaing di era pasar digital. Ia menjelaskan sosok perempuan seperti Khadijah, istri Nabi Muhammad SAW, bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan Indonesia untuk terus berwirausaha dan mendukung ekonomi keluarga. “Khodijah adalah bukti nyata bahwa perempuan dapat menjadi wirausahawan sukses dan tetap berperan penting dalam keluarga,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Jakarta Utara, Pudya Sanjaya menerangkan, tujuan utama dari acara ini adalah mengedukasi pengelolaan keuangan dan sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM. “UMKM yang berdaya akan mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, dan salah satu aspek yang penting adalah memastikan bahwa produk mereka terjamin kehalalannya,” ujarnya.

“Melalui LDII Halal Centre, yang telah mendirikan lembaga sertifikasi halal, mereka telah mengkurasi lebih dari 145 produk UMKM dari warga LDII Jakarta Utara. Dengan bantuan lebih dari 30 auditor self-declare, mereka membantu pelaku UMKM dalam proses mendapatkan sertifikat halal agar produk mereka dapat lebih bersaing di pasar nasional maupun internasional,” ungkap Pudya.

Ia menjelaskan pengembangan UMKM menuju pasar lebih luas selain memberikan pelatihan, LDII Jakarta Utara juga merencanakan penyelenggaraan LDII Fair 2025 sebagai ajang bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka kepada masyarakat luas.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut, sehingga semakin banyak UMKM yang tumbuh dan berkembang, sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor usaha menjadi kunci dalam upaya ini. Dengan dukungan yang tepat, perempuan sebagai pilar keluarga dapat semakin berdaya dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. (editor: Nabil)

 

Oleh: Inu Subakto (contributor)

Kunjungi berbagai website LDII

DPP, DPP, Bangkalan, Tanaroja, Gunung Kidul, Kotabaru, Bali, DIY, Jakpus, Jaksel, Jateng, Kudus, Semarang, Aceh, Babel, Balikpapan, Bandung, Banten, Banyuwangi, Batam, Batam, Bekasi, Bengkulu, Bontang, Cianjur, Clincing, Depok, Garut, Jabar, Jakarta, Jakbar, Jakut, Jambi, Jatim, Jayapura, Jember, Jepara, BEkasi, Blitar, Bogor, Cirebon, Kalbar, Kalsel, Kaltara, Kalteng, Karawang, Kediri, Kendari, Kepri, ogor, Bogor, Kutim, Lamongan, Lampung, Lamtim, Kaltim, Madiun, Magelang, Majaelngka, Maluku, Malut, Nabire, NTB, NTT, Pamekasan, Papua, Pabar, Pateng, Pemalang, Purbalingga, Purwokerto, Riau, Sampang, Sampit, Sidoarjo, Sukoharjo, Sulbar, Sulsel, Sultra, Sumbar, Sumsel, Sumut, Tanaban, Tangsel, Tanjung Jabung Barat, Tegal, Tulung Agung, Wonogiri, Minhaj, Nuansa, Sako SPN, Sleman, Tulang Bawang, Wali Barokah, Zoyazaneta, Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *