LDII Gelar Webinar Nasional, Diikuti oleh Kasat Binmas Polres Bontang

DPD LDII Kota Bontang mengikuti webinar di Pendopo Kelurahan Telihan bersama Kasat Binmas Polres Bontang AKP Jimun SH Foto: LINES

BONTANG – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII menggelar Webinar Nasional dan diikuti pengurus DPW dan DPD bersama kepolisian dan warga kabupaten/kota se-Kaltim hari ini, Minggu (20/2) pagi. Webinar tentang Pemolisian Masyarakat dan peningkatan peran LDII dalam kerja sama dengan Polri untuk Pembentukan Forum Kemitraan Pemolisian Masyarakat (FKPM) ini bertujuan untuk mensosialisasikan Perpol No. 1/2021.

Menurut laporan pandangan mata, webinar ini diikuti secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan jumlah peserta pada pembukaan lebih dari 300 titik, dengan masing-masing titik terdiri atas tiga sampai 10 lebih peserta. Dan lebih dari 100 pandangan mata melalui siaran langsung YouTube Streaming.

Salah satunya oleh DPD LDII Kota Bontang mengikuti webinar di Pendopo Kelurahan yang difasilitasi oleh Kelurahan Gunung Telihan, turut hadir juga Kasat Binmas Polres Bontang AKP Jimun SH.

Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc saat membuka Webinar Nasional sosialisasi Perpol no. 1/2021. Foto: LINES

Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc mengatakan bahwa webinar ini sangat penting sebagai komitmen yang dibangun oleh LDII dalam rangka urusan kebangsaan. “Sebagaimana kita ketahui di dalam delapan program prioritas LDII ini masalah kebangsaan kita kembangkan (di urutan) pertama,” tutur Chriswanto Santoso.

Menurutnya, masalah kebangsaan telah didiskusikan sejak lama meskipun LDII merupakan lembaga dakwah di bidang keagamaan sebagai prioritas pertama mengingat LDII berdiri di Indonesia. “Ibaratnya, kita hidup di sebuah kapal besar namanya Indonesia. Apabila kapal itu oleng, maka urusan-urusan kebangsaan ini terganggu. Tentu, kita yang ada di dalam kapal akan mabuk, kita akan susah untuk melaksanakan ibadah, kita susah melaksanakan dakwah,” tutur Chriswanto.

Maka, lanjut Chriswanto, urusan kebangsaan diletakkan di urutan pertama untuk menyadarkan seluruh umat dan warga LDII bahwa sudah menjadi ketentuan Allah menciptakan hidup di Indonesia. Chriswanto memandang dalam urusan dakwah LDII tidak boleh mengabaikan urusan kebangsaan.

Menurutnya, bagian urusan kebangsaan yang paling elementer adalah di tingkat paling bawah. Dengan demikian, Perpol no. 1/2021 dinilai secara akademis menyentuh urusan paling bawah sehingga apabila terjadi polemik, maka diharapkan tidak akan menjadi besar.

“LDII merasa ikut bertanggung jawab untuk menciptakan stabilitas nasional terkait dengan urusan-urusan yang terjadi di grassroot paling bawah,” ungkap Chriswanto.

Dengan demikian, webinar nasional ini dinilai Chriswanto sangat strategis dan diharapkan menjadi wawasan bagi warga LDII dalam bermitra dengan pemerintah khususnya dalam rangka menciptakan stabilitas nasional. “Menciptakan hal-hal yang damai di antara grass-root yang paling bawah. Ini tentu menjadi dasar untuk bergerak menjadi sesuatu yang lebih besar,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, tampil sebagai narasumber Irjen Pol. Nainggolan, S.IK, M.H Kakorbinmas Baharkam Polri yang diwakili oleh Kombes Pol. Dr. Terr. Pratiknyo, Prof. Yudi Latif, Ph.D akademisi Universitas Paramadina Jakarta, dan Prof. Dr. H. Singgih Tri Sulistiyono, M.Hum Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang yang juga sebagai Ketua DPP LDII.

Di akhir kegiatan Kasat Binmas Polres AKP Jimun SH, menyempatkan diri memberikan closing statement, yang mana dalam pesannya disampaikan Polres Bontang siap bersinergi dengan LDII terutama terkait Webinar kali ini yang membahas tema Polisi Masyarakat. “Saya turut berterimakasih kepada LDII yang sudah mengundang saya pada hari ini, materi luar biasa yang biasa disampaikan saat kuliah menghabiskan waktu cukup lama, namun bisa diringkas hanya beberapa jam oleh pemateri-pemateri yang luar biasa” tutupnya. (LINES)

Kombes Pol. DR. Terr Pratiknyo narasumber yang mewakili Polri dalam webinar nasional bersama LDII. Foto: LINES
Foto Bersama Pengurus LDII Bontang dan Kasat Binmas Polres Bontang seusai kegiatan Webinar Nasional LDII. Foto:LINES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *