Siapkan Generasi Emas, LDII Bontang Intens Bina Generasi Penerus

Suasana Kegiatan Pembinaan Generus LDII di Pondok Harmoni (Foto:Lines)

BONTANG – Pemerintah Indonesia telah mencangkan program ‘Generasi Emas Indonesia 2045′. Tepat pada tahun 2045 kedepan, Indonesia secara matematis 100 tahun terlepas dari belenggu penjajah. Ditahun tersebut Indonesia mengharap memiliki gold generation yang dapat membangun bangsa kearah yang lebih baik.
Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) sebagai ormas dakwah berupaya membantu pemerintah dalam rangka menyukseskan program generasi emas ini. LDII telah lama menyusun program andalan. LDII telah mencanangkan “Tri Sukses Generasi Penerus”.

Melalu program Tri Sukses-nya, LDII mencetak generasi muda yang memiliki :
1. Ilmu dan kepahaman agama
Dalam point ini, LDII menargetkan bahwa generasi muda mengerti dan memahami kedudukan dirinya sebagai hamba Allah SWT. Mereka dituntut untuk melaksanakan kewajiban yang tidak bisa di wakilkan kepada siapapun dan ditunda sesaat pun, yaitu beribadah kepada Allah.
2. Akhlaqul Karimah
LDII fokus membina generasi muda Indonesia agar memiliki karakter, sopan santun, tata krama, dan budi pekerti yang luhur yang menjadi ciri khas bangsa ini.
3. Kemandirian
LDII berkomitmen menumbuhkan generasi yang dapat hidup denga mandiri, tidak tergantung pada orang lain. Cara yang ditempuh, salah satunya ialah dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan.
Dalam mewujudkan Tri Sukses tersebut LDII telah menyusun sebuah konsep dakwah yang dikemas dengan sangat profesional. Konsep dakwah juga terus mengikuti perkembangan zaman. Program pembinaan yang ada di lingkup LDII sangat terstrukur, jelas dan berkesinambungan. Program ini dilakukan mulai dari tingkat pusat, DPW, DPD, PC hingga PAC di seluruh Indonesia.

LDII aktif membina generasi penerus lewat Penggerak Pembina Generus (PPG). PPG menciptakan dan membina bibit-bibit unggul untuk mempersiapkan generasi penerus menajdi pemimpin bangsa yang professional religius. PPG membina anak mulai dari usia PAUD, kanak-kanak caberawit, praremaja, remaja, hingga dewasa.

Salah satu bentuk program pembinaan itu adalah pengajian pra remaja dan remaja, seperti yang diselenggarakan DPD LDII Kota Bontang, Minggu 21 Agustus 2002. Bertempat di Pondok Harmoni Bontang Barat, anak-anak pra remaja (usia SMP) remaja (usia SMA sampai usia 30 tahun yang belum menikah) dengan semangat mengikuti materi yang disampaikan oleh Mubaligh penyampai materi.

Suasana Kegiatan Pembinaan Generus LDII di Pondok Harmoni (Foto:Lines)
Nasehat dan Arahan Wanhat LDII Bontang H. Bambang HW di Pembinaan Generus LDII Bontang (Foto:Lines)

Ketua DPD LDII Kota Bontang, H. Anton Kuswanto yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen dan kontribusi nyata LDII untuk turut menyiapkan generasi muda untuk membangun bangsa ke arah yang lebih baik. “ Tri Sukses Generus merupakan wujud peran serta LDII dalam pembangunan bangsa khususnya generasi muda. Harapan kami, anak muda Indonesia dapat menjadi generasi yang berilmu agama yang tinggi, berakhlakul karimah dan memiliki kemandirian serta dapat membawa kemajuan bagi bangsa ini di masa depan, “ tuturnya.

Dewan Penasehat DPD LDII Kota Bontang, H. Bambang Hadi Wardoyo, M.Pd dalam pengarahannya menyampaikan bahwa kunci keberhasilan Program Tri Sukses Generus ini adalah pembiasaan dan praktek sehari-hari. Untuk itu peran serta semua pihak baik pengurus, orang tua dan mubaligh sangat penting. “Bagaimanapun juga, berhasil atau tidaknya program merupakan tanggung jawab kita bersama”, ungkapnya. (Lines)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *