LDII Tanamkan Pendidikan Karakter Sejak Dini

Karakter merupakan aspek penting dari sumber daya manusia (SDM), karena kualitas karakter menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Beberapa negara maju layaknya China sudah menerapkan pendidikan karakter sejak lama.

Bagi mereka mengajarkan anak-anak membaca, menulis dan menghitung sangat mudah, karena otak mereka yang masih bisa berkembang dengan baik. Namun karakter merupakan pelajaran yang harus diaplikasikan sedini mungkin.

Tujuan pembentukan karakter sejak usia dini adalah untuk membentuk kepribadian anak yang baik, sehingga kelak ketika sudah dewasa menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia yang dapat memberikan manfaat kepada sesama manusia dan lingkungannya.

LDII mengajarkan kepada warganya, untuk membentuk karakter sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Orang tua dan pendidik hanya perlu melatih dan membiasakan anak-anak untuk melakukan hal yang bisa membawa dampak positif.

Pendidikan karakter bisa dilakukan di mana saja, dan bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari, seperti menunggu antrian, menghormati orang tua, mengucapkan kata terima kasih dan masih banyak lagi. LDII merumuskan program keberhasilan pengembangan karakter dalam pendidikan yang dikenal dengan “Tri Sukses Generus” yaitu: alim-faqih (pandai ilmu dan implementasinya), akhlaqul karimah, dan mandiri. (M Rizky Pratama P R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *