LDII Dukung Moderasi Beragama di Kota Bontang

Pernyataan Dukungan Bersama yang ditandatangani oleh Ormas Islam dan Pemerintahan di Kecamatan Bontang Selatan.

BONTANG – Indonesia, sebagai salah satu negara dengan penduduk terbesar di Asia, sekarang ini punya dua PR, yaitu keberagamaan dan keberagaman, yang pertama adalah menjaga kerukunan antar umat beragama dan yang kedua adalah menjaga keberagaman baik suku, ras dan budaya.

Menyikapi hal tersebut, Moderasi Beragama penting sebagai modal sosial, yang telah ditetapkan secara sah sebagai faktor penunjang pembangunan nasional. Dengan demikian, Moderasi Beragama menjadi sebuah keniscayaan yang harus diimplementasikan oleh seluruh masyarakat.

Kota Bontang, yang sering disebut sebagai “miniatur Indonesia” juga tak lepas dari adanya potensi gangguan yang disebabkan oleh dua hal diatas. Untuk itu, Pemerintah Kota Bontang, melalui Kantor Kementrian Agama Kota Bontang melakukan perintisan Kampung Moderasi Beragama di Kecamatan Bontang Selatan.
Menindaklanjuti rencana tersebut, Kankemenag Kota Bontang mengadakan acara “Sosialisasi dan Pembinaan Penguatan Moderasi Beragama di Kecamatan Bontang Selatan sebagai kegiatan perintisan Kampung Moderasi Beragama” Rabu 21 Juni 2023 bertempat di BPU Kantor Camat Bontang Selatan.

Kegiatan yang dibuka oleh Kasubbag TU Kankemenag Kota Bontang mewakili Kepala Kemenag Kota Bontang itu, dihadiri oleh Unsur Pemerintahan Kecamatan Bontang Selatan, Ormas Islam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda di wilayah Kecamatan Bontang Selatan. Hadir dalam acara ini Wakil Ketua Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kecamatan Bontang Selatan, Marsus SE.

Pada sambutannya, Kasubbag TU Kankemenag Kota Bontang menyampaikan, “Semoga Kegiatan ini menjadikan Kelurahan yang telah ditunjuk sebagai Kampung Moderasi Beragama akan menjadi Pioner dan role model Moderasi Beragama di Kota Bontang,” tutur beliau.

Foto bersama Wakil Ketua PC LDII Bontang Selatan beserta tamu undangan lainnya

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Wakil Ketua Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kecamatan Bontang Selatan, Marsus SE, ketika ditemui tim LINES Bontang menyambut baik kegiatan ini. “Moderasi Beragama penting dibangun dalam kehidupan masyarakat di Indonesia khususnya di Kota Bontang. Dengan semangat Bhineka Tunggal Ika, kita bingkai semua perbedaan dalam NKRI. Perbedaan itu fitrah kemanusiaan kita,” ujarnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Pancasilawati, S. Ag, M. Ag dari UINSI Samarinda. (Lines)

One thought on “LDII Dukung Moderasi Beragama di Kota Bontang

  • Juni 22, 2023 pada 11:19 am
    Permalink

    Salah satu wujud peran serta LDII dalam meningkatkan ukuwah di Kota Bontang.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *