Generus LDII Bontang Ikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar yang Digelar DPP dan DPW LDII Kaltim

Peserta Pelatihan Jurnalistik Dasar dari LDII Bontang foto bersama dengan Pemateri dan LINES DPP LDII. Foto: Lines

Balikpapan – (24/5). DPP LDII bekerja sama dengan DPW LDII menggelar pelatihan jurnalistik mahir dasar. Kegiatan itu dipusatkan di pondok Pesantren Bairuha, Kota Balikpapan, Kaltim, Jumat-Minggu, 24-26 Mei 2024  yang diikuti sebanyak 171 peserta se-Pulau Kalimantan dan Sulawesi Selatan.

Ketua DPP LDII Rulli Kuswahyudi menyatakan, kegiatan itu merupakan program DPP LDII yang bertujuan agar generasi muda LDII khususnya di Kalimantan memiliki kemampuan dasar jurnalistik yang yang baik, dan bijak dalam bermedia sosial.

“LDII yakin bahwa dengan kemampuan jurnalistik yang baik, peserta akan mampu menjaga integritas berita dan memerangi penyebaran informasi palsu yang merugikan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, DPD LDII Bontang mengirimkan enam peserta. Salah satunya Mohammad Ali Akbar mengatakan, dengan adanya pelatihan itu diharapkan mampu mengembangkan ilmu yang didapat. Tak hanya itu, mereka juga diharapkan mampu mengembangkan dan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) LDII News Network (LINES) di tempatnya masing-masing.

“Selama kami mengikuti pelatihan ini banyak sekali ilmu yang kami dapat. Kami juga mendapat amanah untuk bisa kembali menyampaikan materi yang kami dapat saat kembali ke daerah. Selain itu, diharapkan mampu berkontribusi menyiarkan kontribusi LDII,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelatihan tersebut dibagi menjadi tiga kelas, yakni jurnalistik tulis, yaitu belajar menulis berita yang akan menghasilkan berita tulis maupun foto dan ditayangkan di website LDII maupun media massa. “Adapun kelas yang kedua, yaitu kelas jurnalistik TV. Kelas ini mengajarkan bagaimana cara membuat konten sesuai standar dan kaidah jurnalistik,” tambahnya.

Sertifikat Pelatihan Jurnalistik Dasar Mohammad Ali Akbar Senatama. Foto: Istimewa
Ketua DPD LDII H. Anton Kuswanto foto bersama dengan para peserta sebelum berangkat ke Balikpapan. Foto: Lines

Adapun yang ketiga yaitu kelas media sosial. Kelas media sosial merupakan kelas yang paling banyak peminatnya, dengan jumlah peserta hampir setengah dari total jumlah peserta. Dia mengajak para peserta untuk semangat memperdalam ilmu yang telah disampaikan dan dapat mengimplementasikannya.

“Generasi muda perlu diajak bekontribusi. Saat ini adalah eranya anak muda, mereka yang menguasai teknologi. Mereka lebih dekat dengan sosial media dibandingkan dengan generasi tua. Dengan begitu mereka bisa mengekspresikan diri,” tambahnya.

Ia menambahkan, pelatihan jurnalistik itu sebagai upaya meningkatkan literasi media generasi muda LDII. Narasumber yang dihadirkan bekerja di berbagai media dan perusahaan yang berkaitan dengan pemberitaan dan industri kreaktif. “Sekarang ini memang eranya medsos, selain media massa dan TV. Era medsos sekarang saat ini memang kelasnya anak muda,” (Ali Akbar/LINES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *