Rakerda DPD LDII Musi Banyuasin, Tingkatkan Sinergi dengan Pemda

——————–

Muba (7/12). Pengurus DPD LDII Musi Banyuasin menggelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) III 2023 Cipta Praja Kec. Keluang (19/11) bertempat di Masjid Baitul Izzah. Rapat Kerja Daerah adalah wadah bertemunya seluruh Pengurus Harian LDII se-Kabupaten Musi Banyuasin. Kegiatan yang dimulai sejak pagi itu dibuka dengan pembacaan ayat Alqur’an dilanjutkan sambutan Ketua DPD LDII Muba Daud Sobri.

Dalam amanatnya, Daud Sobri mengingatkan kepada seluruh jajaran pengurus organisasi di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa dan kelurahan untuk dapat menjalankan tugas sesuai AD dan ART organisasi. Mendorong pembangunan masyarakat madani (civil society) yang kompetitif, dengan tetap mengembangkan dan mengedepankan sikap persaudaraan (ukhuwah) sesama umat manusia, komunitas muslim, serta bangsa fan negara, memiliki kepekaan dan kesetiakawanan sosial, kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam rangka membangun dan memperkuat karakter bangsa, berperan aktif sebagai katalisator dalam dinamika peradaban masyarakat dengan pertimbangan kaidah agama.

Sebagai bagian dari masyarakat Musi Banyuasin, Daud Sobri juga mengajak peserta Rakerda untuk dapat bersinergi dengan Pemkab Muba. Sementara itu Ketua Dewan Penasehat LDII Muba KH Achmadi mengatakan bahwa pengurus LDII Muba agar terus menjalin kerja sama dan kemitraan baik dengan pemerintah setempat maupun para tokoh agama dan tokoh masyarakat di lingkup masing-masing, “Sesuai arahan Ketua DPP LDII KH Chriswanto Santoso tentang Karya, Kontribusi, dan Komunikasi harus dikedepankan dalam menjalankan tugas selaku pengurus organisasi disegala tingkatan,” katanya.

Laporan Kegiatan Terungkap dalam laporan Kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Kecamatan para pengurus LDII telah berperan aktif dalam membantu tugas pemerintah Muba dalam menjaga kondusivitas daerah. Seperti di Kecamatan Tungkal Jaya Ketua PC LDII Tungkal Jaya, Misto Utomo ditunjuk sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FKB) Kecamatan Tungkal Jaya.

Pada kesempatan itu, Wanhat LDII Kecamatan Tungkal Jaya H Mulyono telah dipercaya sebagai Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Tungkal Jaya. Ini merupakan bukti bahwa keberadaan LDII telah diterima di tengah masyarakat. Inilah buah dari gencarnya pembinaan di lingkup pembina anak cabang LDII tentang akhlakul karimah. Output dari akhlakul karimah adalah terciptanya rasa nyaman bagi lingkungan dan dalam tataran berikutnya keberadaan seseorang mampu memberi manfaat bagi yang lain. Selain laporan, Rakerda juga diisi dengan sharing dan pengarahan dari Wanhat.

Di penghujung acara penutupan kegiatan diisi dengan mendengarkan arahan dari anggota wanhat DPD LDII Kab Muba H Agus Wahyudi. Ia mengingatkan tentang arti pentingnya kontribusi bagi pengurus organisasi dalam menyikapi derasnya arus informasi di era post truth. Tetap menjaga kondusivitas wilayah dan menjadi penengah di masyarakat.(ds)

Oleh: Daud SOBRI (contributor) / Noni Mudjiani (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *