Pesan Bupati pada Pengukuhan Pengurus LDII Nabire

NABIRE – Acara Pengukuhan Pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Nabire masa bakti 2020 – 2025 yang digelar pada Sabtu, 25 September 2021 berjalan dengan sukses.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua H. Sumardi, S.T, dan Sekretaris DPW LDII Provinsi Papua Ahmad Saefudin, A.Md, serta para Pejabat FORKOPIMDA Kabupaten Nabire antara lain Kapolres Nabire AKBP. I Ketut Suarnaya, S.I.K.,S.H., Kepala Kejaksaan Negeri Nabire Muhammad Rizal, S.H.,M.H Dandim 1705 Nabire yang diwakili oleh Danramil Nabire, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Robert Wopairi, S.Th, Pimpinan ormas Islam se-Kabupaten Nabire, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, dan tamu undangan lainnya yang berjumlah sekitar 250 orang.

Surat Keputusan (SK) pengurus diserahkan langsung oleh Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua, H. Sumardi, ST. Setelah menyerahkan SK dilanjutkan dengan penyerahan pataka atau bendera panji LDII kepada Ketua DPD LDII Kabupaten Nabire terpilih H. Nuryadi, S.Pd.,M.MPd.

H. Sumardi, S.T berpesan kepada pengurus DPD LDII Kabupaten Nabire yang baru agar dapat mengemban amanah organisasi dengan baik di Kabupaten Nabire. “Menjaga nama baik organisasi, taat pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, menjaga kerukunan umat beragama, serta tulus mengabdi pada masyarakat di Kabupaten Nabire,” tutur H. Sumardi, ST.

Berikut susunan pengurus harian DPD LDII Kabupaten Nabire masa bakti 2020 – 2025. Dewan Penasihat : H. Ganjar Waluyo (ketua), Nasirun (Wakil Ketua), Saparman (anggota), H. Rubiono (anggota), H. Kasmuni (anggota), Wagiman, S.Pd (anggota), Abdul Syukur (anggota), Ahmad Amin (anggota). Pengurus Harian: H. Nuryadi, S.Pd.,M.MPd (ketua), Gunawan santoso, S.Pd (wakil ketua). Sekretaris : Dewoyo, SST, Wakil Sekretaris Niki Afidah Mukmin, ST, dan Bendahara Asmar Nuril Qolbi.

Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPD LDII Kabupaten Nabire merupakan pengejawantahan dari Program Hasil Munas IX DPP LDII Periode 2016-2021 dimana salah satu keputusan Munas IX yang di buka oleh Presiden RI Ir. H.Joko Widodo nenetapkan Ketua Umum DPP LDII terpilih, Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc pada kepengurusan DPP LDII Masa bhakti 2021-2026.

Melalui munas IX LDII tersebut juga mengusung 8 Klaster Program yang diusulkan DPP LDII kepada Pemerintah Indonesia dan Alhamdulillah ke 8 Program tersebut secara pilot project telah dilaksanakan oleh warga LDII di seluruh tanah air. 8 klaster program dimaksud adalah : 1. Kebangsaan (mewujudkan SDM Profesional Religius Berwawasan Kebangsaan); 2. Keagamaan yakni penguatan peranan di bidang keagamaan dan dakwah untuk menyiapkan SDM Profesional religius menuju Indonesia Maju); 3. Ekonomi (peningkatan kapasitas SDM profesional religius untuk pemulihan ekonomi menuju Indonesia Maju); 4. Pendidikan (pengembangan SDM profesional religius utk Indonesia Maju); 5. Pangan dan Lingkungan Hidup (ketersediaan pangan berkelanjutan dan penjagaan kelestarian fungsi lingkungan menuju Indonesia Maju); 6. Kesehatan (mendorong penggunaan obat tradisional); 7. Teknologi digital; dan 8. Energi baru terbarukan.

Ketua DPD LDII Kabupaten Nabire terpilih H. Nuryadi, S.Pd.,M.MPd dalam sambutannya berkomitmen meneruskan program baik yang sudah dilakukan kepengurusan sebelumnya. “Salah satu yang akan kami teruskan yaitu konsisten menjaga kerukunan umat beragama di Nabire,” kata Nuryadi. Hal baik lainnya yaitu beberawa waktu yang lalu LDII Nabire turut membantu umat atau warga terdampak bencana Banjir Yaro dengan memberikan bingkisan sembako. Hal ini selaras dengan tema pengukuhan “Penguatan SDM Profesional, Religius untuk ketahanan pangan dan kemandirian bangsa menuju Kabupaten Nabire yang berkeadilan, sejahtera, dan mandiri”i, wujud kontribusi LDII Nabirei di Tengah Pandemi.

H. Nuryadi mengajak pengurus yang baru lebih bersemangat dalam menjalankan amanah. Menurutnya, semakin pesatnya perkembangan tekhnologi menghadirkan tantangan semakin kompleks di masa depan. Hal itu bisa dijawab jika sesama pengurus bisa rukun, kompak, dan kerja sama yang baik. Acara yang dihelat di Gedung Islamic Center Kompleks Masjid Agung Al-Falah Nabire, Jalan Merdeka Nabire-Papua, itu sejak awal hingga akhir menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sambutan Bupati Nabire yang diwakili oleh Asisten I Setda Kabupaten Nabire La Halim, S.Sos menyampaikan bahwa LDII merupakan salah satu Ormas Islam di Negara Indonesia yang organisasinya berjenjang, struktur kepengurusannya ada di tingkat pusat sampai ke daerah. Selama ini koordinasi kepengurusan LDII Kabupaten Nabire dengan Pemerintah sangat baik, ini menunjukan kepengurusan lembaga ini solid dan patuh terhadap peraturan Pemerintah.

Lebih lanjut La Halim menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pengurus LDII Nabire periode sebelumnya, semoga amal bakti selama bertugas menjadi pahala disisi Allah SWT, dan untuk pengurus DPD LDII Kabupaten Nabire periode 2020-2025 yg baru dilantik, La Halim memberi ucapan selamat bekerja dan berkarya untuk kemaslahatan umat terutama membentengi umat islam dari perkembangan teknologi yg negative di Kabupaten Nabire.

Keberadaan LDII di Kabupaten Nabire agar dapat selalu membantu Pemerintah Kabupaten untuk menjaga umat karena Nabire merupakan miniatur kecil dari Indonesia. Mari kita jaga toleransi umat beragama agar tetap terjaga keamanan dan kedamaian dan saya harap LDII Kabupaten Nabire ini tetap solid, selalu bersinergi dengan Pemerintah dan semua ormas. Kita tau bersama pilkada Nabire saat ini masih dalam proses di MK.

Hasil kesepakatan bersama Forkopimda Nabire bersama Tokoh Masyarakan, tokoh adat, dan semua stakeholder saat rapat di Aula Sekretariat Daerah beberapa waktu lalu sepakat untuk menjaga keamanan Nabire. Mari kita mendukung hasil putusan MK dan juga mendukung program yang dibangun oleh Pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Nabire. La Halim melihat program 8 klaster LDII yg dipaparkan oleh Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua selaras dengan Program Pemerintah Kabupaten Nabire menuju Nabire Mandiri ,aman Sejahtera, damai. Kegiatan Pengukuhan diakhiri dengan penandatanganan deklarasi damai LDII bersama Forkopimda dan stakeholder terkait menolak Terorisme dan Faham Radikalisme di Kabupaten Nabire, selanjutnya ditutup dengan doa oleh Ketua Baznas Kabupaten Nabire H. Soleman Letsoin, BA pukul 11.30 WIT. (nam_nbx).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *