Artikel

World Clean Up Day, LDII Kutim Jemput Sampah dari Rumah

Sangatta (22/9). Setelah dikukuhkan beberapa waktu lalu, para pemuda yang tergabung dalam Generasi Muda Bina Lingkungan (Gemilang) Kutai Timur (Kutim) terus menggiatkan aksi nyata mengelola lingkungan, Rabu (22/9/2021).

Kali ini mereka menjalankan rutinitas jemput bola sampah ke rumah-rumah warga, sekaligus untuk memperingati World CleanUp Day Indonesia (WCDI) 2021. Hal ini turut didukung penuh oleh pembina Gemilang Kutim, DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kutim.

Tak hanya jemput bola, sampah yang dikumpulkan dan ditimbang, kemudian dibagi dalam tiga kelompok, yakni organik, anorganik, dan limbah B3. Untuk jenis sampah yang masih dapat didaur ulang, maka akan dikumpulkan khusus untuk kemudian diserahkan ke pengelola sampah resmi pemerintah, Bank Sampah Kutim.

Koordinator Gemilang Kutim, H. Siswahyudi mengatakan, pada kegiatan kali ini ada beberapa hal yang dilakukan. Pertama, memperbaiki wadah penyimpanan barang bekas yang bisa dimanfaatkan kembali. “Nantinya barang tersebut akan diserahkan ke Bank Sampah Kutai Timur,” terang Siswahyudi.

Selain itu, lanjutnya, Gemilang Kutim melakukan jemput bola sampah dari rumah-rumah warga, dimulai dari kawasan Jalan Permai Raya Sangatta dan sekitarnya. “Yaitu sampah organik, anorganik, dan sampah limbah B3, yang nantinya juga akan kita kumpulkan di tempat penampungan sementara, dan akan dikomunikasikan ke Bank Sampah Kutai Timur, untuk bisa diambil dan dikelola sesuai standarnya,” paparnya.

Dalam kegiatan memperingati WCDI 2021 ini, Gemilang Kutim didukung LDII melakukan gerakan masif pada 19-24 September 2021, mengajak warga untuk membersihkan dan memilah sampah di rumah masing-masing.

Kemudian menempatkan sampah yang telah dipilah di wadah yang berbeda warna sesuai petunjuk. Terpisah, Ketua DPD LDII Kutim, Damuri mengatakan, pihaknya mendukung penuh pengelolaan sampah secara teratur oleh Gemilang Kutim. Hal ini akan memberi dampak baik bagi masyarakat luas ke depannya.

“Dalam memperingati World Clean Up Day 2021 ini, kami LDII Kutim mendukung penuh kegiatan anak muda kita dari Gemilang Kutim ini untuk mengelola lingkungan. Kalau lingkungan kita bersih dan teratur persampahannya, tentu kehidupan kita akan lebih sehat, jauh dari penyakit, dan mampu menyelamatkan dunia di masa depan,” tambahnya (Raymond Chouda/FF Lines). 

34 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *