Lestarikan Bumi, LDII Kebumen Gelar Gerakan Menanam

KEBUMEN – Menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional, DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Kebumen menggelar kegiatan menanam pohon secara massal. Kegiatan ini secara simbolis dilaksanakan di TPQ Al Hamka Alam Plus, Desa Sembirkadipaten, Kecamatan Prembun, Kebumen, Minggu (26/12).

Gerakan menanam melestarikan bumi itu juga dilaksanakan secara serentak di 19 Pimpinan Cabang LDII se-Kabupaten Kebumen, Ada 101 titik lokasi penanaman pohon yang ada di Kabupaten Kebumen. Kegiatan mengambil tema “Melestarikan Bumi Menanam Bibit Kelapa Secara Massal”. Penanaman di TPQ Al Hamka Alam Plus Desa Sembirkadipaten dihadiri oleh Camat Prembun Dra Hj Farita Listiyati MSi dan jajaran Forkopimcam Kecamatan Prembun. Camat Prembun Farita Listiyati menyampaikan dukungan dan ucapan terima kasih kepada jajaran DPD LDII Kabupaten Kebumen yang telah melaksanakan kegiatan menanam pohon.

Camat juga mengimbau masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dengan mendukung aksi menanam sejuta pohon ini dengan minimal menanam 1 pohon di lingkungannya. “Dengan bersama-sama melakukan penanaman pohon ini akan membantu penghijauan sebagai sumber oksigen untuk kehidupan sekaligus ikut melestarikan bumi,”ujar Farita.

Sedangkan Ketua DPD LDII Kabupaten Kebumen H Gunardi menuturkan, kegiatan menanam pohon tersebut sebagai dukungan LDII atas Instruksi Presiden RI tentang Hari Menanam Pohon Indonesia. Gunardi juga menyampaikan kegitan itu sebagai dukungan DPD LDII Kabupaten Kebumen atas program Bupati Kebumen Arif Sugiyanto “Nandur Wit Kanggo Anak Cucu”. “Kegiatan menanam pohon oleh warga LDII Kabupaten Kebumen sudah dilaksanakan mulai awal bulan November sampai dengan bulan Desember saat ini,” sambung purnawirawan perwira Polri yang lama bertugas Sat Intelkam Polres Kebumen itu.

TPQ Al- Hamka Alam Plus adalah TPQ yang terletak di Desa Sembirkadipaten, Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen. Telah memiliki Izin Operasional dari Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen. TPQ ini berbeda dengan TPQ pada umumnya, karena mempunyai kurikulum yang unik. Menurut Bela Jendra SPd selaku Kepala TPQ Al-Hamka Alam Plus bahwa semua santri yang ada di TPQ ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Pembelajaran di TPQ Al Hamka Alam Plus selain dilaksanakan di dalam kelas juga di alam terbuka. Yang menari, para santri yang tidak bisa hadir langsung di TPQ Al- Hamka Alam Plus, bisa melaksanakan pembelajaran di rumah masing- masing. Ustaz TPQ mendatangi langsung ke rumah santri. Uniknya, di TPQ Al-Hamka Alam Plus para santri tidak terikat umur. Bahkan orang tua mau belajar Al-Quran, banyak yang menjadi santri di TPQ ini.

“Kami juga menyampaikan dukungan dan ucapan terima kasih kepada DPD LDII Kabupaten Kebumen karena salah satu kegiatan menanam pohon DPD LDII Kabupaten Kebumen dilaksanakan di TPQ Al- Hamka Alam Plus,”ujar Bela Jendra.

 

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *