Puskesmas Sumberjo Bantu Deteksi Kesehatan Santri Pondok Blawe

Kediri, (28/5). Puskesmas Sumberjo, Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur menggelar “Survei Mawas Diri (SMD) dan Screaning Kesehatan” pada Santri Ponpes Pondok Blawe, pada Jumat (12/5). Petugas Puskesmas Sumberjo, Masriatul Bariroh mengatakan bahwa tujuan SMD dan screaning kesehatan tersebut untuk deteksi dini kesehatan para santri.

“Kami bekerja sama dengan pengurus Ponpes Pondok Blawe, melakukan SMD dan screaning kesehatan untuk mendeteksi dini permasalahan kesehatan santri,” kata Masriatul Bariroh.

Lebih lanjut, Masriatul Bariroh menjelaskan bahwa screaning yang dilakukan tersebut secara terpadu, hampir semua petugas Puskesmas diterjunkan untuk menyukseskan program tersebut, mulai dari petugas Promkes, perawat, bidan desa, kesehatan lingkungan. “Screaning terpadu ini mulai dari tekanan darah, gula darah, HB, TB, penyakit tidak menular, kesehatan reproduksi,” tegasnya.

Survei mawas diri dan screaning kesehatan tersebut berlangsung selama dua hari, dan berakhir dengan mengamati prilaku hidup sehat santri dan warga pondok. “Nanti kami akan keliling untuk mengamati prilaku hidup sehat di dalam pesantren, dan warga komplek pondok,” tambahnya,

Screaning kesehatan dan survei mawas diri ini dilakukan setahun sekali, dari hasilnya akan kami bawa pada rapat yang akan dihadiri oleh Dinas Kesehatan untuk mencari solusi,” terangnya.

Dari screaning awal pada santri putera, ditemukan beberapa santri yang mengalami gangguan kesehatan gigi, dan solusinya akan mendatangkan dokter gigi serta petugas penyakit tidak menular

 

Oleh: Rozy Mujahid (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *