Jelang Akhir Jabatan Bupati, Anang Pamiti Warga LDII

 

Tabalong (4/1). Menjelang akhir masa jabatannya pada 31 Desember 2023, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani bersilaturahim dengan warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tabalong. Kunjungannya itu didampingi pengurus MUI Kabupaten Tabalong di Masjid Baitul Mukhlisin, Tanta, Kabupaten Tabalong, Minggu (17/12).

“Saya bermaksud bersilaturahim dengan warga dan juga berpamitan karena akhir Desemner 2023 ini telah purna tugas sebagai Bupati,” ujar Bupati Anang di hadapan ribuan warga LDII Kabupaten Tabalong.

Bupati Anang menjelaskan bahwa LDII turut berperan dalam membangun Kabupaten Tabalong yang agamis sesuai dengan visi misi Kabupaten Tabalong. “Saya sangat mengapresiasi, karena LDII sudah memberikan kontribusi yang positif, terhadap upaya kita bersama ingin menjadikan Tabalong yang lebih agamis dan ini suatu realita yang tidak bisa dipungkiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Anang mengapresiasi kerja sama yang telah terbangun harmonis selama ia menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Tabalong, “Hubungan baik antara saya pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan LDII sangat baik. Kami dengan LDII hampir 10 tahun ini, kami yakin LDII juga mengambil manfaat dari kolaborasi ini,” ujar Anang.

Kabupaten Tabalong memiliki masyarakat yang sangat heterogen. Keheterogenan ini, menurut Anang, karena dari zaman Belanda ketika Belanda mengambil alih eksploitasi minyak dan gas bumi di Tabalong, maka mulai saat itulah Tabalong ini menjadi heterogen. “Saya menjadikan ini sebagai kekuatan, dimana di banyak daerah dan negara justru perbedaan menjadi sumber perpecahan, tapi di Kabupaten Tabalong justru sebaliknya,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, dilakukan dengan memberikan perhatian yang sama kepada semua unsur masyarakat, “Alhamdulillah, hampir 10 tahun kita bisa hidup secara berdampingan, itulah yang menjadi modal besar kita untuk memajukan masyarakat Kabupaten Tabalong, yang kita kenal dengan kolaborasi, bersama membangun Tabalong,” terang Anang.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Tabalong Hipni Rosadi mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan karena agenda rutin per tri wulan organisasi, “Sesuai agenda rutin per tri wulan, LDII Kabupaten Tabalong mengadakan kegiatan pengajian yang untuk kali ini dihadiri oleh Bupati Tabalong dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tabalong. Kegiatan itu bertema ‘Mantapkan Ukhuwah Menyambut Agenda Politik tahun 2024,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum MUI Tabalong KH Ahmad Surkati, dalam tausiyahnya memaparkan bagaimana pentingnya ukhuwah bagi umat muslim, dan bagaimana jika ukhuwah tidak terbentuk, “Ukhuwah adalah salah satu syarat bagi umat muslim untuk bisa masuk surga,” ujarnya.

“Persaudaraan antara umat muslim itu penting diwujudkan, jika tidak maka umat muslim itu akan bercerai-berai. Alhamdulillah, LDII secara manajemen, kekompakannya sangat baik, tinggal meneruskan, dan terus ditingkatkan, sebab dengan persaudaraan Islam akan menjadi kuat,” ungkap KH A. Surkati yang juga Ketua Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tabalong Ustadz. 

 

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *