TPQ Al Barokah Laksanakan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar

Muaro Jambi (22/1). Menindaklanjuti program kerja Penggerak Pembina Generasi Penerus (PPG) Kota Jambi 2 untuk melaksanakan evaluasi di Taman Pendidikan Alquran (TPQ).TPQ Al Barokah melaksanakan evaluasi kegiatan belajar mengajar, dengan penguji Ustadz Amir Raharjo salah satu Mubaligh LDII.

Evaluasi Kegiatan Belajar mengajar di TPQ Al Barokah bertempat di Masjid Al Barokah Desa Marga Manunggal Jaya Kecamatan Sungai Bahar, Sabtu (22/1/2022). Beberapa yang dievaluasi dari hasil kegiatan belajar mengajar diantaranya hafalan do’a-doa’ harian seperti doa sebelum makan, sesudah makan, sebelum wudhu, setelah wudhu, sebelum tidur, bangun tidur, mendoakan kedua orang tua,masuk masjid, keluar masjid, masuk WC, keluar WC, doa ketika terkena musibah dan doa harian lainnya. Selain doa harian juga hafalan surat surat pendek yang ada di juz 30.

Selain itu praktik salat, mulai takbiratul ikhrom hingga salam. Semua dikoreksi untuk mengevaluasi bagaimana anak-anak menyerap dan mempraktekkan apa yang sudah disampaikan oleh mubaligh/mubalighot dalam pengajian.

Tata krama dalam kehidupan sehari-hari juga turut dievaluasi. Apakah mereka sudah mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari atau belum. Jangan sampai mereka lupa untuk mempraktekkan tata krama dalam kehidupan sehari-hari, banyak anak-anak yang sudah hilang tata krama dalam kehidupan sehari-hari.

“Bersyukurlah kalian yang selalu diingatkan bagaimana cara makan yang sesuai syariat agama, bagaimana cara berbuat baik kepada orang tua, bagaimana cara bertamu, bagaimana cara menghormati orang lain, bagaimana cara sholat yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah dalam hadits,”pungkas Amir Raharjo setelah melaksanakan evaluasi.

Tetaplah belajar yang giat, karena insya Allah bulan Maret 2022 akan dilaksanakan Festival Anak Soleh (FAS) di Desa Mekarsari Makmur Kecamatan Sungai Bahar dengan memperlombakan 7 cabang lomba yaitu hafalan surat-surat pendek, adzan, toharoh dan praktik salat, pencak silat, cerdas cermat, tahfidz Alquran dan dai cilik. “Ayo yang semangat belajar, agar bisa berprestasi saat FAS bulan Maret,” tutup Amir Raharjo memberikan semangat bagi para santri.

Oleh: Arif Safidin (contributor) / FF (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *