LDII Indragiri Hulu Silaturrahim dengan Dinas Koperasi UMKM, Bahas Sinergi Ekonomi Syariah

Indragiri Hulu (24/2). Setelah mendukung dan bersinergi membangun wawasan kebangsaan warga LDII, selanjutnya pengurus DPD LDII Indragiri Hulu terdiri dari Ketua Adang Sridarta, SE bersama Wakil Ketua Joko Ruswinto, Bendahara Srianto dan Ketua Pokja Usaha Bersama (UB) M. Khoirudin, mendampingi Dewan Penasehat DPD LDII Inhu, Asep Dimyadi dan H. Subani melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Koperasi UKM Kabupaten Inhu untuk bersilaturrahim.

LDII Inhu diterima dengan baik oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM H. Mas’ud, SE, di dampingi Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan SDM Imron Basyri, SE, Kabid Pengawasan dan Pembiayaan KUKM Hammad, SE serta Analis Kebijakan Ahli Muda Dodi Heko Putra, SE.

Adang menyampaikan bahwa Lembaga Dakwah Islam Indonesia berkontribusi dengan delapan kluster pembangunan, yakni bidang wawasan kebangsaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi syariah, kesehatan dan herbal, ketahanan pangan dan lingkungan hidup, energi baru terbarukan, dan teknologi digital.

Di bidang ekonomi syariah, DPD LDII Inhu memprioritaskan penguatan ekonomi kerakyatan dengan mempelopori koperasi syariah, Baitul Maal wa Tamwil (BMT), dan Usaha Bersama (UB). “Untuk menjauhi ekonomi ribawi, DPD LDII Inhu sedang merintis usaha berbasis syariah, dan juga berharap agar Dinas Koperasi UKM Inhu bisa memberikan edukasi maupun syarat administratif sehingga koperasi syariah LDII ini bisa legal dan berkembang dan membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu dan warga LDII,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM mendukung delapan klaster Pembangunan LDII dan menyambut baik usaha DPD LDII Inhu yang sedang merintis koperasi syariah sekaligus menambah daftar koperasi syariah di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau.

Kabid Pengawasan dan Pembiayaan KUKM Hammad, SE menjelaskan bahwa para pendiri koperasi harus berkomitmen dari awal mengapa koperasi dibentuk, apa tujuan koperasi dibentuk. Apabila semua anggota disiplin dan berkomitmen tinggi, maka koperasi dapat berkembang dan mengembangkan bisnis yang tidak saja hanya memenuhi kebutuhan harian tetapi kebutuhan lainnya.

Demikian juga dengan anggota bisa berkembang pula dengan melalui referensi anggota yang sudah duluan menjadi anggota koperasi tersebut. Selanjutnya dari Tim Dinas Koperasi UKM Kabupaten Inhu bersedia hadir memberikan sosialisasi atau edukasi pada saat peningkatan kapasitas Koperasi binaan DPD LDII Kabupaten Indragiri Hulu.

Dewan Penesehat LDII Asep Dimyadi berterima kasih kepada Pemerintah Dinas Koperasi UKM Kabupaten Inhu yang menyambut baik kunjungan kerja DPD LDII Inhu dan berharap bisa bersinergi dengan Pemerintah dalam membangun koperasi syariah untuk meningkatkn ekonomi masyarakat di Kabupaten Inhu.

Oleh: Urif de Kentes (contributor) / FF (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *