UB LDII Jember Siapkan Digitalisasi Teknologi

Jember (20/3). Pengurus Usaha Bersama (UB) LDII Jember mengikuti webinar entertainment mewujudkan kemandirian ekonomi yang dihelar DPW LDII Provinsi Jawa Timur, Minggu (20/3). Kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengelolaan Usaha Bersama (UB) yang mayoritas dikelola oleh pengurus Pimpinan Cabang (PC) LDII.

Ketua DPD LDII Kabupaten Jember, H. Akhmad Malik Afandi mengungkapkan, LDII Jember telah membina kurang lebih 10 UB untuk terus berkembang dan menjadi penopang ekonomi warga LDII di Jember.

 “Melalui webinar ini, UB di bawah binaan LDII Jember siap menuju digitalisasi teknologi,” terang Malik.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Usaha Bersama (Forkom UB) Jawa Timur, Endra Mochamad Nurdin mengatakan, dalam mengelola UB harus mengikuti perkembangan zaman. Ia mengungkapkan perubahan yang jelas dirasakan ialah perkembangan kemajuan teknologi.

“Teknologi semakin maju, maka dari pembina, pengawas, dan pengurus UB, otomatis bisa melihat apakah bisnis ini masih cocok dengan bisnis-bisnis terdahulu, atau harus berpindah ke ranah bisnis yang baru. Jika tidak, kami (UB) hanya menjadi target pasar, bukan pemain,” ungkap Endra.

Menyikapi tantangan tersebut, menurut Endra, pengelola UB membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang pandai dalam membaca situasi dan mencari peluang. Selanjutnya, bersama-sama menyatukan persepsi antar pengurus dan tujuan UB.

“Pengurus UB tak boleh merangkap jabatan. Ketua UB tak boleh merangkap pekerjaan sekretaris ataupun bendahara. Ketua tugasnya fokus memikirkan bisnis plan, bagaimana cara bisnis itu berhasil,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Biro EPM DPW LDII Jawa Timur, Dadang Zahrawanugraha, mengatakan Forkom UB telah memiliki legalitas perusahaan PT Usaha Bersama Jatim. Legalitas itu untuk membangun kepercayaan konsumen dan para investor.

“PT Usaha Bersama Jatim memiliki produk pelayanan transaksi digital syariah bernama UBpay. Produk tersebut memudahkan transaksi pembayaran listrik, air, pulsa, dan lain sebagainya,” jelas Dadang.

Ia menambahkan, pihaknya tengah mengembangkan toko retail modern bernama UBMart di Jombang dan Sidoarjo. Selain itu, PT Usaha Bersama Jatim juga menggandeng himpunan pengusaha LDII dalam mengembangkan bisnis kuliner Ayam Tulang Lunak (ATL) yang tersebar di Malang dan Kota Batu.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Jawa Timur KH Moch Amrodji Konawi pada sambutannya mengatakan kegiatan webinar entertainment merupakan program kemandirian ekonomi syariah bagian dari delapan klaster kontribusi LDII.

Amrodji merinci delapan klaster kontribusi LDII yaitu kebangsaan, keagamaan, ekonomi syariah, pendidikan karakter, kesehatan herbal, ketahanan pangan dan lingkungan, teknologi informasi, serta energi baru terbarukan.

Amrodji berharap dengan adanya webinar entertainment ini dapat melahirkan entrepreneur baru. Banyaknya wirausaha akan menguatkan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.

 

Oleh: Akhmad Malik Afandi (Jember) (contributor) / Maulana Sandijaya (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *