159 Pendekar Ikuti Pasang Giri Kategori Usia Dini

Kediri (14/8). Persinas ASAD Korwil Kediri Utara 2 menggelar Pasang Giri Persinas ASAD dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, pada Minggu, 14 Agustus 2022 di Aula Baitul Ala, Desa Mojokerep. Menurut Ketua Panitia Pasanggiri Tosim Al Musi, Pasang Giri atau Festival Pencak Silat Persinas ASAD diikuti oleh 159 peserta dari 23 majelis taklim dan 25 aparat pertandingan.

“Pasang Giri ini diikuti oleh 159 perserta terdiri dari 81 putri 79 putra dari 23 majelis taklim dan 25 pelatih dan pendamping, dan 30 panitia. Pada tahun ini Pasang Giri hanya untuk anak usia dini maksimal umur 12 tahun. Mudah-mudahan tahun depan Pasang Giri ini dapat dilaksanakan untuk usia dini, pra remaja dan remaja,” kata Tosim.

Lebih lanjut, Tosim menyampaikan, Pasang Giri Persinas Asad sebenarnya sudah rutin hampir tiap tahun, akan tetapi karena kendala pandemi Covid-19 maka kegiatan ini fakum selama dua tahun. “Agar lebih meningkatkan kualitas berlatihnya, biasanya mereka ketika akan ada kegiatan seperti Pasang Giri, latihannya lebih meningkat,” ujar Tosim.

Lebih lanjut, Dewan Penasihat DPD LDII Kabupaten Kediri H. Sunarto menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pasang Giri tersebut untuk mengukur seberapa jauh pembinaan Persinas ASAD untuk anak usia dini. “Penyelenggaraan Pasang Giri Persinas ASAD pada hari ini merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh PPG (Penggerak Pembina Generus) dan Pembina Muda Mudi agar kegiatan Persinas Asad khususnya untuk usia dini dapat berlangsung dengan baik. Harapan kedepan dapat dilakukan secara rutin untuk mengukur seberapa jauh pembinaan Persinas Asad agar anak memiliki keterampilan persilatan yang cukup memadai,” kata H. Sunarto.

 

Oleh: Rozy Mujahid (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *