LDII Mimika Hadiri Undangan LPTQ dalam Pelepasan Peserta Lomba Tingkat Provinsi Papua

Timika (19/8). Pengurus DPD LDII Kabupaten Mimika Ust. Ahmadun menghadiri undangan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Mimika dalam Pelepasan Kafilah Mimika sebagai peserta lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Papua tahun 2022.

Pelepasan bertempat di Hotel Horison Ultima, Jalan Hasanuddin, Kota Timika Papua, Jumat (29/7/2022). Mewakili Bupati, Asisten III Setda Mimika Bidang Administrasi Umum Hendritte W Tandiyono secara resmi melepas 33 kafilah yang akan berlomba di Kota Jayapura mulai 1-6 Agustus 2022. Para kafilah akan berlomba dengan 29 kabupaten dan kota se-Papua di ajang dua tahunan ini.

“Pemerintah mengapresiasi kepada pengurus LPTQ sebagai momentum kebangkitan untuk masyarakat yang semakin Qurani. Melalui MTQ ke XXIV ini pemerintah harapkan ajang ini tidak sekedar meriah saja, namun wadah untuk pembinaan pengalaman, wawasan dan keterampilan untuk menguasai cabang lomba yang akan diperlombakan tahun ini,” pesannya.

Hendritte mengimbau ketua kafilah dan official agar mengajak peserta mencintai isi yang terkandung dalam Alquran.

“Selain harapan untuk mencari juara, namun lebih giat lagi dalam mengamalkan intisari Alquran, dan bisa lolos sampai ke tingkat nasional,” ujarnya.

Wakil Ketua I LPTQ Mimika H Akhir Iribaram mengatakan, keikutsertaan lomba ini agar dapat membawa harum nama Kabupaten Mimika dengan memperhatikan prestasi daerah berada lima besar papan atas dan lolos ke tingkat nasional. “Digelarnya ajang MTQ ini untuk meningkatkan kualitas SDM yang lebih tinggi di tingkat provinsi maupun nasional,” imbuhnya.

Ia menyebut format pelaksanaan lomba yang semula direncanakan pelaksanaanya secara normal tatap muka, namun mengingat ada kendala teknis di Jayapura, maka diubah formatnya menjadi perpaduan antara seleksi online dan offline serta melalui rekaman video. Adapun cabang lomba yang akan dilaksanakan secara online adalah cabang tilawah Alquran yakni tartil anak putra dan putri, tilawah dewasa, remaja, anak putra dan putri. Selanjutnya, cabang lomba hifdzil Quran 1, 5, 10, 20, 30 juz putra dan putri.

Sementara untuk cabang lomba yang dilaksanakan secara offline adalah cabang fahmil Quran putra dan putri, cabang ktiq putra dan putri serta cabang khot (kaligrafi) putra dan putri). Ada juga lomba penilaian yang dilaksanakan via rekaman video yaitu cabang syarhil Quran putra dan putri. Jumlah peserta lomba 33 orang yang terdiri dari 16 orang putra dan 17 orang putri.

Para kafilah ini akan mengikuti 6 cabang lomba yakni tilawah, tahfidz, fahmil Quran, khat dan ktiq. Cabang lomba offline berangkat pada Sabtu (30/7/2022) menuju Jayapura. Untuk lomba secara online dan rekaman video dilaksanakan di Hotel Horison Ultima mulai tanggal 2-4/7/2022.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Mimika Lukas Yasi mengatakan para kafilah yang mewakili Mimika adalah peserta terbaik dan diharapkan bisa menampilkan yang terbaik juga sehingga bisa membawa pulang juara umum. Ia berpesan juga agar para kafilah bisa menjaga nama baik Kabupaten Mimika. “Saya harap para kafilah bisa menjaga nama baik kabupaten dan menjadi juara, semoga kita dapat menampilkan yang terbaik, mengharumkan nama Mimika di tingkat provinsi bahkan internasional,” jelas Lukas.

Oleh: S29Mus_SULSEL9.1A_MUSLIMIN_081343923860 (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *