Semangat Gotong Royong, Warga LDII Utan Kayu Adakan Kerja Bakti

Jakarta (13/8). Dalam rangka menyongsong Rakernas LDII 2023 dan memperingati HUT Kemerdekaan RI, DPP LDII menghelat “Kerja Bakti Nasional LDII 2023”, secara serentak di 38 provinsi se-Indonesia. Kegiatan ini melibatkan stake holder terkait di grassroot. Lokasi kerja bakti meliputi rumah ibadah, taman, taman pemakaman, saluran air, fasilitas olah raga, balai warga dan lainnya.

Untuk menbantu mewujudkan program itu puluhan warga LDII di Jalan Nanas Raya Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur turut merealisasikan program itu. Kerja bakti ini melibatkan sekitar 70 orang warga LDII, mulai dari orang tua, anak muda, hingga remaja. Para warga sejak pukul 06.00 WIB semangat bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

Kerja bakti ini dilakukan tepatnya di Masjid Nasrumminalloh, Jalan Asem Gede Utara No. 8, RT 01, RW 05. “Ini sangat memberikan inspirasi yang sangat tinggi. Karena program kerja bakti itu kan sangat membantu program pemerintah,” kata Kasie Ekbang Eonomi dan Pembangunan Kelurahan Utan Kayu Selatan, Ahmad Saifuddin, Minggu (6/8/2023).

“LDII slogannya kan bersih, semoga ini bisa berlanjut terus. Bisa mengajak semua untuk bersih, karena membersihkan lingkungan itu kan sangat dibutuhkan,” ucapnya lebih lanjut. Menurutnya, warga LDII di wilayahnya sangat solid hingga dapat mengerjakan program yang bermanfaat. Terutama program yang menguntungkan bagi sebuah wilayah. “Banyak sekarang orang pinter, tapi lupa untuk gotong royong, apalagi kebersihan lingkungan, kadang weekend mending main atau keluar. Tapi LDII ini memilih untuk seperti ini, sangat terbantu,” ujarnya.

“Kalau bisa setiap minggu ada. Diharapkan berjalan terus, semoga bisa mengerahkan masanya yang solid itu, karena kita sangat terbantu,” kata Ahmad.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Jakarta Timur Lasno Raharjo menyampaikan jika acara kerja bakti nasional ini menjadi rangkaian HUT Ke-78 RI serta untuk menyambut pra Rakernas LDII. “Jadi Insya Allah LDII akan mengadakan rakernas pada bulan November 2023. Berkaitan dengan itu kita memang secara nasional ingin mengadakan kegiatan yang positif,” ujar Lasni.

Ia mengatakan program ini sudah kita laksanakan setiap tahun. Tidak hanya kerja bakti, kegiatan keagamaan lainnya biasa rutin dilaksanakan oleh LDII. “Memang kerja bakti ini tidak khusus terhadap lingkungan LDII saja. Tapi memang kita mengajak masyarakat umum,” ucapnya.

“Bahkan teman-teman kita khususnya di daerah Bali dan lainnya yang berdekatan dengan gereja maupun pura itu juga ikut partisipasi membersihkan lingkungan ibadah agama lain agar kita menyatu, membaur demi lingkungan yang bersih,” ucapnya.

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Noni Mudjiani (editor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *