Artikel

Kunjungan Silaturrahim Tim Badan Kesbangpol ke Sekretariat LDII

Foto bersama pengurus LDII Bontang dan Tim Kesbangpol Bontang (Foto:Lines)

BONTANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai fungsi, salah satunya, melaksanakan fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan urusan bina ideologi, wawasan kebangsaan, karakter bangsa, politik dalam negeri, ketahanan ekonomi, sosial, budaya, agama, organisasi kemasyarakatan, penanganan konflik, dan kewaspadaan nasional. Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan fungsi tersebut, maka Tim Kesbangpol Kota Bontang aktif untuk berkoordinasi dengan ormas-ormas di Kota Bontang. Kunjungan silaturrahim dan diskusi merupakan satu bentuk yang dilakukan.

Pada hari Sabtu, 29 Juni 2019 pukul 10.20 wita Tim Kesbangpol melakukan kunjungan ke sekretariat Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di jalan Soekarno – Hatta, RT 26 Gunung Telihan. Tim yang terdiri dari Natalia Trisnawati, S.Pi.,M.Si ( kabid idpol), Milawaty, SH ( kasubbid idpol) dan Siti Ambarwati, S.Kom ( staf idmas), di terima langsung oleh Ketua DPD LDII Kota Bontang, H. Anton Kuswanto, beserta jajaran Pengurus Harian DPD LDII Kota Bontang.

Anton Kuswanto memaparkan program LDII Bontang (Foto:Lines)

Dalam Kesempatan ini Natalia menyampaikan beberapa hal antara lain,
1. Silaturahim kepada organisasi sekaligus pembinaan kepada organisasi, termasuk LDII yang termasuk organisasi struktural yang besar dan eksis di Kota Bontang.
2. Menjelaskan terkait tugas dan fungsi Tim Pengawasan Ormas yang telah dibentuk dan di-SK-kan oleh Walikota Bontang dan beranggotakan intel-intel dari instansi vertikal yang ada di Kota Bontang.
3. Menghimbau kepada organisasi untuk tetap aktif berkegiatan yang positif dan bersinergi dengan pemerintah dalam mensukseskan visi misi Pemerintah Kota Bontang dan apabila ada kegiatan yang bersifat ceremonial, agar dapat diinformasikan ke Badan Kesbangpol untuk dilakukan pemantauan.
4. Sharing terkait kegiatan dan bentuk laporan kegiatan yang wajib dibuat setiap enam bulan sekali dan diserahkan ke Badan Kesbangpol sebagai bukti laporan kepada Walikota Bontang bahwasanya organisasi itu aktif. Untuk format laporan yang baku tidak ada, semua dikembalikan kepada organisasinya yang terpenting memuat pendahuluan, tujuan serta lampiran foto kegiatan yang telah dilakukan beserta keterangannya.

Sementara itu, Anton Kuswanto, selaku Ketua DPD LDII Kota Bontang mengucapkan terima kasih kepada badan kesbangpol atas kunjungannya ke sekretariat LDII. Anton juga memaparkan, LDII sebagai lembaga dakwah, sangat intens membina anggotanya dalam bidang keagamaan dan pendidikan.

H. Pradika Rama Ulianto, S.T, selaku wakil Ketua DPD LDII Kota Bontang yang turut mandampingi Anton menambahkan intensitas kegiatan warga LDII terdiri dari Pengajian rutin baik tingkat DPD, PC maupun PAC, pengajian ibu-ibu, pengajian mubaligh, pengajian remaja, dan juga anak-anak. Selain itu LDII Kota Bontang juga sedang mengembangkan web LDII Kota Bontang sebagai salah satu sarana media informasi kegiatan LDII.
Untuk generasi penerus, Pradika menyampaikan bahwa LDII mempunyai agenda tahunan berupa Perkemaham Akhir Tahun Ajaran Cinta Alam Indonesia ( Permata CAI), dimana peserta adalah pelajar. Di dalam kegiatan itu akan dikenalkan terkait wawasan kebangsaan dan ilmu keagamaan.

Hal lain yang disampaikan Pradika adalah kesiapan LDII untuk bekerjasama dengan kesbangpol dan mendukung program-program kesbangpol. Pukul 11.15 Wita, Tim Badan Kesbangpol mohon undur diri setelah sebelumnya melakukan foto bersama.

268 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *