Safari Ramadhan 1444H, Pemkot Bontang Shilaturahim ke Masjid Baitul Musthofa

Serah terima bantuan dari Wali Kota Bontang kepada Takmir Masjid Baitul Musthofa (Foto-Lines)

BONTANG – Seiring dengan meredanya Covid 19, maka kegiatan di masyarakat pun sudah mulai kembali normal, terutama yang bersifat massal atau berkumpul banyak orang. Kegiatan di bulan Ramadan 1444 H tahun ini juga sudah kembali seperti saat sebelum pandemi Covid-19. Masyarakat berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan sholat tarawih.

Demikian juga dengan agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Bontang yang melaksanakan Safari Ramadhan. Tahun ini, Safari Ramadan Pemkot Bontang diawali dengan kunjungan ke Masjid Baitul Musthofa, Sabtu 25 Maret 2023. Masjid yang terletak di RT 26, Kelurahan Gunung Telihan ini merupakan binaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kota Bontang. Tampak dalam rombongan Walikota, Wakil Walikota Najirah, Forkopimda, dan jajaran pejabat teras Pemkot Bontang.

Safari Ramadhan ini diawali dengan sholat Isya berjamaah dengan Ustadz M. arfan Daryono bertindak sebagai imam sholat.

Ketua Takmir Masjid, KH. Ali Musthofa dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemkot Bontang, dalam hal ini Walikota Bontang, yang telah berkunjung ke Masjid Baitul Musthofa dalam rangka Safari Ramadhan. “ Alhamdulillah, setelah 2 tahun kita melalui Ramadhan dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19, tahun ini kita bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan lancar, termasuk kunjungan rombongan Walikota”, tuturnya.

Walikota Bontang di dalam sambutanya, menghimbau kepada warga masyarakat agar menjaga kekhusyukan dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini. Sebagai bentuk dukungan, Walikota menyampaikan bahwa Pemkot Bontang juga selalu memberikan perhatian penuh kepada pemuka agama. Contoh nyata adalah pada tahun 2022 Pemkot Bontang mengalokasikan anggaran insentif kepada 2.094 orang, dengan nilai mencapai Rp 21,7 miliar.

Dalam bentuk lain, Pemkot Bontang juga memberikan bantuan dana hibah bagi rumah ibadah lembaga, ormas keagamaan, majelis taklim dengan nilai lebih dari Rp 4 miliar.” Untuk beberapa masjid, tahun ini secara simbolis diberikan santunan dana senilai Rp 100 juta. Kita berharap bisa bermanfaat dalam pemenuhan sarana dan prasarana,” papar Basri dalam sambutannya.

Foto bersama Wakil Walikota Bontang dan jamaah perempuan Masjid Baitul Musthofa (Foto-Lines)
Wali Kota Bontang Basri Rase memberikan materi sambutan dalam Safari Ramadhan di Masjid Baitul Musthofa (Foto-Lines)

Setelah penyampaian bantuan secara simbolis kepada Takmir Masjid, kegiatan dilanjutkan dengan Kultum yang disampaikan oleh Kyai Tarmuji Salam. Di dalam Kultum-nya, Kyai Tarmuji menyampaikan bahwa bulan Ramadan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja tanpa meningkatkan ibadah. “Kita harus sukses keluar dari bulan Ramadan dengan ibadah yang lebih baik. Untuk itu, ada 5 sukses Ramadan sebagai salah satu panduan kita dalam ibadah di bulan Ramadan”, tuturnya.

Program 5 Sukses Ramadan itu adalah Sukses Puasa, Sukses sholat Tarawih, Sukses Tadarus Al Qur’an, Sukses Iktikaf dan Lailatul Qodar serta sukses Zajat Fitrah. “Dengan berusaha melaksanakan 5 sukses tersebut, insya Allah kita akan keluar dari bulan Ramadan menjadi insan yang lebih bertaqwa pada Allah SWT, “ paparnya lebih lanjut.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kota Bontang, H. Anton Kuswanto, yang ditemui LINES Bontang disela-sela kegiatan menyambut gembira kegiatan Safari Ramadan ini. “ Alhamdulillah, kegiatan ini selain sebagai sarana ibadah, juga bisa dimanfaatkan sebagai sambung rasa Pemerintah Kota Bontang dengan masyarakat”, kata Anton.

Tak lupa Anton juga memberikan pesan kepada warga LDII dan masyarakat pada umumya untuk tetap fokus ibadah, menjaga kondusifitas di tengah masyarakat dan menjaga ketertiban umum. “Mari kita maksimalkan bulan penuh berkah ini dengan fokus ibadah dan meraih 5 Sukses Ramadan, seperti dipaparkan ustadz Tarmuji tadi”, pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sholat Tarawih dan diakhiri dengan ramah tamah Rombongan walikota dengan takmir masjid serta Pengurus DPD LDII Kota Bontang. (Lines-BTG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *