Artikel

Peduli Pencegahan Stunting, LDII Bontang Adakan Seminar Kesehatan

dr. Putri menyampaikan materi cegah stunting (Foto : Doni/Lines)

BONTANG – Stunting adalah kondisi ketika anak lebih pendek dibandingkan anak-anak lain seusianya, atau dengan kata lain, tinggi badan anak berada di bawah standar. Standar yang dipakai sebagai acuan adalah kurva pertumbuhan yang dibuat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Di Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi ke-3 untuk jumlah stunting terbanyak. Pada tahun 2018, walaupun jumlahnya turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, masih ada 3 dari 10 balita Indonesia yang mengalami stunting.

Berlatar belakang kondisi stunting di Indonesia yang masih tinggi, melalui Bidang Pengabdian Pada Masyarakat, Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kota Bontang mengadakan seminar kesehatan dengan tema “Cegah Stunting” pada Sabtu (16/11). Seminar kesehatan ini menghadirkan dr. Hj. Arlita Eka Putri VP, Sp. A yang kerap disapa dr. Putri sebagai pemateri. Dalam presentasinya beliau menuturkan diperlukan analisis dan pendekatan gizi kesehatan masyarakat untuk dapat secara efektif merancang program yang berbasis evidence dan berfokus pada pencegahan.

“Dari kegiatan edukasi ini kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya asupan protein hewani dalam upaya pencegahan stunting. Dengan pola asupan gizi yang baik, diharapkan akan tercipta generasi yang sehat, berkualitas dan berdaya saing sebagai bangsa yang unggul di masa depan,” jelas dr. Putri.

Walikota Bontang Neni Moerniaeni memberikan sambutan (Foto : Doni/ Lines)

Penyerahan suvenir dari dr. Putri kepada Walikota Bontang (Foto : Doni/Lines)

Foto bersama pengurus LDII Kota Bontang, tamu undangan beserta Walikota Bontang (Foto:Doni/Lines)

Disela materi Walikota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni Sp. OG berkesempatan hadir sekaligus memberikan sambutannya. Beliau sangat mengapresiasi seminar kesehatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kota Bontang. LDII Kota Bontang sudah banyak membantu program-program kesehatan dari Pemerintah Kota Bontang salah satunya mengadakan seminar kesehatan dengan tema Pencegahan Stunting. “Sepertinya baru kali ini ada organinasi di Kota Bontang yang peduli terhadap pencegahan stunting yaitu Warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kota Bontang” tutur Bunda Neni sapaan akrab Walikota Bontang.

Sementara itu bersamaan dengan kehadiran dr. Hj. Neni Moerniaeni Sp. OG. dalam acara seminar kesehatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia. Beliau juga berkesempatan membuka acara LDII Fair tahun 2019 Kota Bontang sebagai induk kegiatan seminar kesehatan ini. (Maul/Lines)

424 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *